5 Alasan Manchester United akan Kesulitan tanpa Alex Ferguson

Keputusan Sir Alex Ferguson untuk pensiun menimbulkan kekhawatiran bagi para pendukung Manchester United. Tak berlebihan memang mengingat sukses fenomenal Setan Merah terjadi ketika Fergie memegang kendali.

Dari 39 trofi yang dikoleksi Man United sepanjang 135 tahun sejarah klub, 25 trofi di antaranya dipersembahkan Fergie. Ini menunjukkan betapa penting peran Fergie bagi kesuksesan United dalam kurun waktu satu dekade terakhir.

Tanpa kehadiran Fergie, United diperkirakan akan limbung di awal musim.
Terlebih suksesornya, David Moyes belum pernah melatih klub besar maupun memenangkan trofi.

Berikut 5 Alasan Manchester United akan Kesulitan tanpa Alex Ferguson  menjelaskan mengapa kapal United akan limbung tanpa kehadiran Fergie dikutip dari lihat.co.id  dan bola.net

 
 1. Tekanan Berat Untuk Suksesor Fergie
[lihat.co.id] – Bagaimana cara menyamai pencapaian salah satu manajer tersukses dalam sejarah? Pertanyaan ini akan terus membayangi pengganti Fergie yang akan menjadi penguasa baru di Old Trafford.

Sejak Sir Matt Busby pensiun, United mengalami masa sulit dan sudah mengganti pelatih sebanyak 6 kali, sebelum Fergie datang di tahun 1986. Selama masa itu, United berhasil meraih 3 Piala FA dan terdegradasi sekali. 

 
Faktanya dari 39 koleksi trofi United sepanjang sejarah, 33 di antaranya datang di era Fergie atau Matt Busby. Jika melihat kenyataan ini, Mancunian layak untuk khawatir.
 
2. Sepakbola Memasuki Era Baru
[lihat.co.id] – Dalam beberapa tahun terakhir, Man United kesulitan menghadapi perubahan bagaimana klub dijalankan. Dana berlimpah digelontorkan demi mencapai kesuksesan instan, 
 
seperti contohnya di Chelsea dan Man City Di musim depan, sekali lagi dominasi United akan terancam dengan kekuatan City dan Chelsea dengan dana yang berlimpah. 
 
Jika United mampu bertahan saat masih dikendalikan Fergie, masihkan mereka bisa melakukannya musim depan bersama Moyes?
 

 

3. Peran Pemain Muda Belum Maksimal
[lihat.co.id] – Banyak pemain muda potensial United bermunculan di beberapa musim terakhir. Tetapi apa mereka bisa terus berkembang tanpa kehadiran Fergie?

Dalam beberapa musim terakhir, Fergie selalu berupaya menginduksi pemain muda ke dalam skuad Setan Merah. Belum menyatu dengan baik, 

 
Fergie memutuskan untuk pensiun dan meninggalkan pekerjaan rumah bagi penggantinya Musim ini saja keberhasilan United meraih gelar diilhami dari permainan apik Robin van Persie dan Michael Carrick.
4. Utang Glazer Akhirnya Berefek Negatif
[lihat.co.id] – Utang segunung yang digunakan keluarga Glazer untuk mengambil alih United memang tak menghentikan langkah Setan Merah meraih trofi. Tetapi menurut pengamat finansial, Andy Green, itu semua bisa terwujud berkat kejeniusan Sir Alex Ferguson.

“Jika bukan karena keajaiban Fergie, United bisa mengikuti jejak Liverpool atau bahkan Leeds yang mengalami kesulitan finansial,” ucap Green.

“Sangat mungkin utang menumpuk United perlahan akan terkikis dalam beberapa tahun mendatang,” imbuh Green. Tetapi sepertinya Green harus merevisi ramalannya itu jika pengganti Fergie gagal mempertahankan dominasi United.

 
5. Lini Tengah United Tak Cukup Kuat
[lihat.co.id] – Keputusan Paul Scholes untuk pensiun dan terus dimainkannya Ryan Giggs menunjukkan jika Fergie gagal melakukan regenerasi di lini tengah. Kegagalan United di Liga Champions dalam di beberapa edisi terakhir juga disebabkan kalahnya persaingan di lini tengah.

Fergie mencoba memecahkan persoalan ini dengan menempatkan Wayne Rooney sebagai gelandang serang. Tetapi sebagai gelandang, penampilan Rooney belum konsisten,

 
ditambah lagi dengan ketidakjelasan akan masa depannya di United. Apa yang gagal dilakukan Fergie ini bukan perkara mudah untuk diselesaikan penerusnya nanti.
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s