Film yang Paling Banyak di Bajak di Dunia

Saat dirilis pada akhir 2009 lalu, film ‘Avatar’ sukses menuai pujian dari para kritikus. Film garapan James Cameron tersebut juga menduduki peringkat pertama box office selama beberapa pekan dan meraup penjualan yang luar biasa di seluruh dunia.
Menilik dari kesuksesan tersebut maka tak mengherankan jika film ‘Avatar’ menempati peringkat pertama dalam daftar film yang paling banyak dibajak atau diunduh secara ilegal sepanjang masa. Dikutip dari laman Hollywoodreporter.com, daftar tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh TorrentFreak pada Oktober 2011.
Selain ‘Avatar’, sejumlah film box office lainnya juga menjadi ‘korban’ unduh ilegal. Berikut adalah sepuluh daftar film yang paling banyak dibajak atau diunduh secara ilegal sepanjang masa :
1. Avatar
Menurut penelitian yang dirilis TorrentFreak, film yang paling banyak dibajak sepanjang masa adalah film garapan sutradara James Cameron ‘Avatar’. Film tersebut telah diunduh sebanyak 21 juta kali semenjak dirilis pada 2009 lalu.
2. The Dark Knight
Salah satu kisah Batman yang diperankan Christian Bale, ‘The Dark Knight’ berada di posisi kedua sebagai film paling banyak diunduh sepanjang masa. Film garapan Christopher Nolan ini diunduh 19 juta kali.
3. Transformers
Di posisi tiga terdapat film karya Michael Bay ‘Transformers’. Film yang dibintangi Shia LaBeouf dan aktris seksi Megan Fox tersebut diunduh sekitar 19 juta kali. Kehadiran Fox di film tersebut ditengarai menjadi salah satu penyebab tingginya angka unduh.
4. Inception
Sepertinya film-film garapan sutradara Christopher Nolan menjadi daya tarik bagi para pengunduh ilegal. Buktinya, film Nola berjudul ‘Inception’ menduduki peringkat empat sebagai film yang paling banyak diunduh secara ilegal. Film yang dibintangi sejumlah artis papan atas dunia, seperti Leonardo DiCaprio, Ken Watanabe, Joseph Gordon-Levitt, dan Marion Cotillard ini diunduh sebanyak 18 juta kali.
5. The Hangover
Film komedi, ‘The Hangover’ menjadi film kelima yang paling banyak diunduh secara ilegal. Film yang melibatkan petinju Mike Tyson sebagai salah seorang cameo ini diunduh sebanyak 17 juta kali. Film ‘The Hangover’ dibintangi pria terseksi di dunia versi majalah People, Bradley Cooper, aktor Ed Helms dan Zach Galifianakis.
6. Star Trek
Semenjak dirilis pada 2009 lalu, film ‘Star Trek’ telah diunduh sebanyak 16 juta kali. Film ini mendapat respons positif dari para kritikus film. Film ini juga mendapat empat nominasi Piala Oscar dalam ajang Academy Awards ke-82.
7. Kick-Ass
Menurut penelitian, film ‘Kick-Ass’ diunduh secara ilegal sebanyak 15 juta kali. Film ‘Kick-Ass’ diangkat dari sebuah komik berjudul sama.
8. The Departed
Film Leonardo DiCaprio lainnya yang masuk dalam 10 daftar film paling banyak dibajak adalah ‘The Departed’. Film yang juga dibintangi Matt Damon, Jack Nicholson, Mark Wahlberg dan Martin Sheen ini diunduh sebanyak 14 juta kali.
9. The Incredible Hulk
Film ‘The Incredible Hulk’ menduduki peringkat kesembilan sebagai film paling banyak diunduh secara ilegal. Sejak dirilis 2008 lalu, film tersebut telah diunduh sekitar 14 juta kali.
10. Pirates of the Caribbean : At World’s End
Dibandingkan seri pertama dan sekuel kedua, film ‘Pirates of the Carribean: At World’s End’ tampaknya lebih menarik bagi para pengunduh ilegal. Film yang dibintangi aktor Johnny Depp ini diunduh sebanyak 14 juta semenjak dirilis pada 2007 lalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s